RSS

Orang-orang Tanah

28 Sep
Category: Books
Genre: Fantasy
Author: Poppy D Chusfani

Orang-Orang Tanah

Orang-orang Tanah
by Poppy D Chusfani
Sampul & Ilustrasi dalam: Anne M Oscar
Kumpulan Cerpen
Gramedia Pustaka Utama
Jakarta, Agustus 2013
199 hlm
ISBN139789792283983

Don’t judge the book by its cover. Warning nih bagi kalian yang biasa terkecoh dengan sampul buku. Karena dibalik manisnya warna buku ini sebenarnya berisi cerita yang mungkin kelam dan mencekam. Sekali lagi, meski warna buku ini sengaja bernuansa ‘whimsical’ oleh ilustratornya, ini bukanlah buku anak-anak yang berisi cerita peri dan bidadari.

Ini buku fantasi buat orang dewasa, tentang kefanaan, perjuangan dan pembalasan dendam. Semua kisah kelam dalam hidup kadang mulanya juga tidak terlihat seram, bukan? Butuh ketelitian memperhatikan pertanda, dan sampul buku ini mewakilinya lewat pohon yang menyimpan rahasia dan bahaya.

Penulis buku menunjukkan kecintaannya pada genre fantasi dan membungkusnya dengan gaya cerita berbeda. Dalam setiap bab dalam kumpulan cerita ini pembaca disuguhi cerita yang tidak berkaitan, dan semua penuh kejutan, kita bebas mulai baca dari bab yang mana.

Ada 9 kisah dalam buku ini yaitu Jendela; Pelarian; Pondok Paling Ujung; Bulan Merah; Dewa Kematian; Pintu Kembali; Lelaki Tua dan Tikus; Sang Penyihir serta Orang-orang Tanah.

Dari semua cerita, Pondok Paling Ujung adalah kisah yang paling membuatku merasa seru seram sendiri. Ketegangan dalam cerita ini begitu terasa, aku sampai merasa ada di samping tokoh cerita dan gemas ingin ikut membantu.

Dan tentu saja aku suka cerita Orang-Orang Tanah, tentang usaha seorang gadis kecil untuk tetap melindungi orang-orang yang ia sayangi dari campur tangan wanita asing, kekasih ayahnya  sendiri.

Di Indonesia kurang banyak rasanya buku fantasi dengan cerita misteri dan mencekam seperti ini. Aku senang, buku ini akhirnya ada untuk memperkaya genre yang sepi.

Mau tahu review pembaca buku ini? Click link Goodreads di sini.
Link buku ini ke website Gramedia

 
Leave a comment

Posted by on September 28, 2013 in Buku

 

Leave a comment